Daftar Istilah Indikator Ekonomi (II)

 on Rabu, 25 Maret 2015  


Daftar istilah indikator ekonomi untuk prediksi harga:

11. Durable Goods / Permintaan barang tahan lama
Termasuk kedalam barang-barang bermodal besar (seperti mesin, bangunan, dan peralatan, trasnportasi, serta barang militer). Barang-barang tersebut sangan penting karena mengantisipasi perubahan dalam produksi karenanya memberi tanda bagi perubahan-perubahan dalam siklus perekonomian.
Tetapi bagian terbesar dari seperti (pesawat terbang dan perangkat sipil) gampang rusak, hal ini menimbulkan kenaikan pada revisi yang bisa diukur dalam periode berikutnya, sehingga data yang lengkap dapat tersedia pada minggu berikutnya. Data barang-barang tahan lama (durable goods) sebaiknya digunakan dengan mengabaikan permintaan militer dan transportasi, sementara menghitung moving average tiga bulanan dan perubahan dalam persen tahun ke tahun.

12. Employment Cost Index
Dterbitkan tiap empat bulan, ECI menghitung perubahan dalam industri non-pertanian. Salah satu kelebihannya adalah kemampuannya untuk melakukan perincian dalam upah dan keuntungan sebagai bagian dari kompensasi keseluruhan, sebagaimana kemampuannya untuk menunjukkan tingkat pertumbuhan dalam variabel-variabel ini. Kelebihannya atas ukuran pembayaran yang lain adalah inclusion terhadap pekerja penuh maupun paruh waktu, membedakannya dalam profesi, industri, dan wilayah, ECI tidak meliputi pekerja pemerintah federal.

13. Employment Report
Di Amerika Serikat, laporan tenaga kerja (employment report) lebih dikenal dengan laporan perburuhan (labor report) dan dianggap sebagai komponen terpenting diantara seluruh indikator perekonomian yang ada. Laporan ini biasanya dikeluarkan pada Jumat di minggu pertama tiap bulannya, laporan tersebut memberikan pandangan komprihensif pada ekonomi, meliputi sembilan kategori perekonomian.

Berikut ini adalah tiga komponen penting dalam laporan tersebut:

1. Payroll Employment
Menghitung jumlah pekerja yang ditentukan tiap bulannya. Sangatlah penting untuk membandingkan angka ini pada moving average bulanan (6 atau 9 bulan) untuk mendapatkan perspektif yang benar tentang trend yang berlaku di pasar buruh. Yang tak kalah pentingnya adalah revisi yang sering diadakan pada tiap-tiap awal bulannya yang kadang sering signifikan.

2. Unemployment Rate
Persentase dari tenaga buruh sipil yang secara aktif mencari lapangan kerja tetapi tidak menemukannya. Meskipun dinyatakan dalam angka yang tinggi (disebabkan penyederhanaan angka dan implikasi politik), tingkat pengangguran, secara relatif dianggap kurang penting dalam pasar karena dikenal lamban serta kalah cepat dengan perubahan perekonomian.

3. Average Hourly Earnings Growth
(Tingkat rata-rata pertumbuhan pendapatan tiap jam)
Tingkat pertumbuhan antara tingkat rata-rata perjam dalam satu bulan dan tingkat pertumbuhan gaji, karenanya komponen ini memberi penilaian pada inflasi karena faktor pemberian gaji. Tingkat pertumbuhannya juga penting untuk mengetahui trend jangka panjang.
Daftar Istilah Indikator Ekonomi (II) 4.5 5 Kesehatan Pasutri Rabu, 25 Maret 2015 Daftar istilah indikator ekonomi untuk prediksi harga: 11. Durable Goods / Permintaan barang tahan lama Termasuk kedalam barang-bar...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.